MUKADIMAH

Blog Newsline adalah sebuah blog berita online yang dibuat dan diurus oleh mahasiswa Jurusan komunikasi 2009 Unpas Bandung. Blog ini menyertakan berita-berita yang pastinya berkenaan dengan tagline di atas, yaitu ringan dan terupdate. Penyusun blog ini antara lain : Fitriana Nur Fadia a.ka Phya Iva Noorcholifah a.k.a Iva Endah Yava Yantie a.k.a Yava Ayu Rosyani a.k.a Ayu Tantri Dwi Lestari a.k.a Tantri Ima Risnawati a.k.a Ima

Minggu, 15 Januari 2012

Fixie


Fixed gear atau biasa yang disebut fixie, merupakan sepeda yang sedang ngetren di kalangan anak muda.  Sepeda yang hadir  pada tahun 70an ini, awalnya hanyalah alat transportasi yang digunakan oleh kaum pengantar pos, koran dan majalah di kota New York, Amerika Serikat. Kala itu, New York sarat akan  kendaraan, akibatnya para loper surat kabar ini mengalami keterlambatan dalam pengiriman paket. Akhirnya para loper menggunakan sepeda fixie sebagai alternatif, alhasil pengiriman paket pun menjadi cepat.
Dalam perkembangannya, sepeda fixie ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu fixie untuk Balapan dan untuk Trick. Khusus untuk Balapan, awalnya jalan  raya adalah arenaya, namun seakan  riskan, akhirnya arena balapan dibatasi hanya untuk velodrome saja. Sedangkan untuk Trick, lebih dipakai untuk freestyle atau pengguna menunjukan berbagai kebolehannya dalam menguasai teknik dan seni bersepeda fixie. Meskipun fixie terbagi menjadi dua jenis, dari segi bentuk , perbedaan Trick dan Track terletak pada komponen setangnya saja.
Semakin digandrunginya  fixie, maka bermunculanlah komunitas-komunitas fixie di kota-kota besar, Bandung salah satunya. Dikota kembang ini, jumlah komunitas sepeda fixie masih kurang dari 10. Salah satu diantaranya yaitu south beach queen (SBQ), fixed and furious (FNF), dan bojong soang tonggoh (Boston).  Para komunitas tersebut, mempunyai  tempat untuk mereka berkumpul tiap minggunya, seperti SBQ yang sering berkumpul di  jalan ternate, FNF  di CK airplane jalan merdeka dan depan gedung sate, sedangkan Boston di pinggir sungai cikapundung jalan asia afrika. Dengan semakin boamingnya fixie beserta komunitas-komunitasnya, dapat dikatakan, sekarang fixie sudah mulai menjadi gaya hidup para kaula muda.Iva Noorcholifah (092050021)

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes