MUKADIMAH

Blog Newsline adalah sebuah blog berita online yang dibuat dan diurus oleh mahasiswa Jurusan komunikasi 2009 Unpas Bandung. Blog ini menyertakan berita-berita yang pastinya berkenaan dengan tagline di atas, yaitu ringan dan terupdate. Penyusun blog ini antara lain : Fitriana Nur Fadia a.ka Phya Iva Noorcholifah a.k.a Iva Endah Yava Yantie a.k.a Yava Ayu Rosyani a.k.a Ayu Tantri Dwi Lestari a.k.a Tantri Ima Risnawati a.k.a Ima

Rabu, 30 November 2011

SEA GAMES di Mata Kita

SEA GAMES 2011 Pesta Olahraga Asia Tenggara Ke-26 Dan Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah berlangsungnya pesta olahraga akbar se-Asia Tenggara itu. Merupakan ajang bergensi di tingkat asia tenggara, SEA GAMES adalah kepanjangan dari singkatan Southeast Asian Games (juga dikenal sebagai SEA Games), adalah sebuah acara olahraga dwi tahunan yang melibatkan peserta dari 11 negara Asia Tenggara saat ini. Permainan di bawah peraturan dari Asia Tenggara Games Federation dengan pengawasan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia.

Di dalam perhalatan akbar ini ada berbagai cabang olahraga yang di pertandingan dan sepak bola merupakan cabang terfavorit dalam perhalatan akbar ini, apalagi fanatisme suporter indonesia yang begitu fanatik, dan sepak bola menjadikan bangkitnya nasionalisme maka tidak heran dari berbagi penjuru pulau dari nusantara orang berdatangan hanya untuk sepak bola begitu fanatiknya seporter Indonesia, jika di brazil sepakbola di pandang sudah bagaikan sebuah agama namun yang tidak jauh berbeda keadaan sekarang ini di Indonesia.



Maka cabang sepakbola begitu di idam-idamkan dalam perahelatan akbar SEA GAMES ini sebagai cabang yang harus meraih mendali emas, karena antusias masyarakat indonesia apalagi seporter sepak bola indonesia, karena kurung waktu yang lama ini timnas indonesia minim prestasi di berbagai ajang perhelatan maka sangat di harapkan SEA GAMES sekarang ini timnas Indonesia meraih mendali emas apalagi SEA GAMES di laksanakan di Indonesia kita sebagai tuan rumah masyarakat Indonesia begitu mengharapakan meraih juara karena timnas kemarau juara sudah beberapa tahun timnas Indonesia tidak juara dalam ajang SEA GAMES hanya sebagai runer-up dan terakhir timnas Indonesia menjuarai SEA GAMES pada tahun 1991 meraih mendali emas dan seterusnya timnas tidak pernah lagi meraih mendali emas dan selalu kandas di final hanya bisa meraih perunggu.

Maka tak heran ketika cabang sepak bola gagal dalam meraih mendali emas dalam ajang SEA GAMES ini ada rasa kekecewaan suporter timnas Indonesia dan masyarakat karena merupakan ajang paling bergensi dan yang lebih mengecewakan lagi timnas Indonesia tunduk di tangan harimau malaya (Malaysia). Melawan Malaysia bukan saja merubutkan mendali emas yang di rebutkan tetapi menjaga kehormatan dan harga diri bangsa di mata negara tetangga yang selalu mengagap remeh bangsa Indonesia dan banyak TKI dan TKW yang di siksa, maling sia pun mengklaim berbagai kebudayaan asli Indonesia sebagai kebudayaan asli malaysia sperti lagu rasa sayenge, reog ponorogo dll dan mencapluk wilayah negara kesatuan Republik Indonesia seperti spidan dan ligitan. Karena timnas garuda senior pun takluk di tangan harimau malaya dalam ajang perahalatan akbar AFF kemarin.

Walaupun Indonesia meraih sebagai juara umum dalam ajang SEA GAMES meraih banyak mmendali emas ini namun tidak begitu berarti ketika cabang sepakbola gagal meraih mendali emas dalam perhalatan akbar SEA GAMES kali ini, terasa kurang lengkap meskipun juara umum dan mendali emas sepakbola tidak bisa raih, karena sepakbola merupakan cabang yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme dan sepakboal adalah cabang olahraga yang di sukai dari berbagai kalangan dari kaum elit sampai kaum marjinal, dari anak kecil sampai yang sudah tua dan laki-laki dan wanita karena cabang yang bigutu menyentuh dari berbagai kalangan tidak terbatas.

Ayu Rosyani (092050020)

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes