MUKADIMAH

Blog Newsline adalah sebuah blog berita online yang dibuat dan diurus oleh mahasiswa Jurusan komunikasi 2009 Unpas Bandung. Blog ini menyertakan berita-berita yang pastinya berkenaan dengan tagline di atas, yaitu ringan dan terupdate. Penyusun blog ini antara lain : Fitriana Nur Fadia a.ka Phya Iva Noorcholifah a.k.a Iva Endah Yava Yantie a.k.a Yava Ayu Rosyani a.k.a Ayu Tantri Dwi Lestari a.k.a Tantri Ima Risnawati a.k.a Ima

Jumat, 23 Desember 2011

Nutrisi Tepat, Hidup pun Sehat

Nutrisi yang tepat sangat penting bagi semua orang. Berapa pun usianya, pilihan makanan yang dikonsumsi akan membuat perbedaan yang penting bagi kesehatan, penampilan dan perasaan kita. Mengkonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi serta beragam setiap hari mempunyai banyak keuntungan, seperti misalnya mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, tulang yang rapuh, anemia bahkan beberapa jenis kanker tertentu. Jika ternyata sudah memiliki jenis penyakit seperti diatas,  maka dengan mengkonsumsi makanan yang tepat dan melakukan aktifitas fisik akan dapat mengontrol kondisi tersebut. Karena dengan menjaga pola makan, akan dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar gula dalam darah.

Makan makanan bergizi akan memberikan tubuh nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan otot, tulang dan bagian tubuh lainnya. Nutrisi yang dibutuhkankan tubuh antara lain vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak dan air. Makan makanan bergizi juga dapat menjaga kondisi tubuh, dengan menkonsumsi kalori yang cukup, maka tubuh akan mendapatkan bahan bakar yang diperlukan sepanjang hari, jumlah kalori yang dibutuhkan tergantung dari usia, jenis kelamin dan aktifitas fisik sehari-hari.

Mengkonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan tubuh akan membuat tubuh meyimpan kelebihan tersebut sehingga dapat menaikan berat badan. Berat badan yang berlebih menimbulkan kekhawatiran, karena dapat meningkatkan resiko terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantun serta masalah pada persendian.  

Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat bukanlah sekedar program diet singkat yang dilakukan hanya 1-2 hari saja. Hal tersebut merupakan bagian dari gaya hidup yang sehat yang dilakukan mulai saat ini hingga seterusnya. Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat berarti memilih makanan sehat dan beragam, yang dapat memberi tubuh nutrisi yang diperlukan. Makan dengan nutrisi yang tepat juga berarti mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tepat sesuai dengan usia, jenis kelamin dan aktifitas fisik yang dilakukan.

Agar dapat makan makanan dengan nutrisi tepat , maka sebaiknya pilihlah makanan yang kaya nutrisi, artinya makanan tersebut bernutrisi tinggi tapi rendah kalori. Pilihjuga makanan yang mengandung vitamin, mineral, karbohidrat komplek, protein tanpa lemak dan jenis lemak yang sehat.

Hal penting lainnya adalah untuk mengkonsumsi air yang cukup setiap hari. Air diperlukan tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat beraktifitas setiap hari. Selain air, cairan untuk tubuh dapat digantikan melalui konsumsi buah dan sayuran, dengan ini, selain cairan maka akan didapat juga manfaat seratnya untuk pencernaan tubuh. Makan makanan yang beragam dan kaya nutrisi akanmemberikan manfaat penuh bagi kesehatan tubuh.Akan tetapi jika khawatir makanan yang dikonsumsi tidak cukup memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi tubuh, maka dapat juga berkonsultasi ke dokter untuk diberikan asupan tambahan suplemen vitamin dan mineral.
Ima Risnawati (092050003)

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes